Skip to content

CEMBURU (IRI HATI)

Cemburu (Iri Hati)…

adalah penyakit jiwa kronis yang paling banyak membunuh kebahagiaan. Iri hati merupakan salah satu faktor batin yang dipimpin oleh dosa (kebencian). Iri hati juga muncul karena membandingkan diri sendiri dengan orang lain (aku lebih tinggi dari dia, aku setara dengan dia, aku lebih rendah dari dia) yang termasuk kesombongan/keakuan karena ‘aku’ yang menjadi fokus perhatian.

Iri hati juga sangat halus, jarang disadari tetapi sering disangkal “ngapain gua iri sama dia…Gak level lahh!” Padahal sesungguhnya memang iri. Kesombongan dipimpin oleh faktor mental ‘keserakahan’. Keserakahan berfungsi untuk memenuhi hasrat si ‘aku’.

Irihati ini terjadi secara general, semua latar, mau orang yang kekurangan secara ekonomi maupun yang sudah berlimpah, dengan orang yang tidak dikenal maupun dengan keluarga dekat sendiri, bahkan antara anak dan orang tua pun sering terjadi irihati. Selama masih ada benih kebencian, keserakahan dan keakuan, irihati masih bisa muncul.

Irihati selain membunuh kebahagiaan saat ini juga membuka pintu menuju perbuatan buruk dan kelahiran berikutnya di alam menderita. Maksud si irihati sebenarnya adalah untuk menjadi lebih bahagia, ingin memiliki yang orang lain miliki dan tidak puas kalau orang lain memiliki yang ia tidak memiliki, tetapi karena kebodohan batin membuat ia tidak sadar bahwa semua faktor mental ini justru akan menjauhkan ia dari kesuksesan, kebahagiaan dan kedamaian.

Dengan melatih meditasi yang benar, semua fenomena diatas dapat diamati dengan jelas, dikikis dengan perlahan dan pada akhirnya dipadamkan dengan tuntas.

#Cemburu #Irihati #Kesombongan #Kebencian #Meditasi

No comments yet

Leave a comment